Pada umumnya kebanyakan dari kita para orang tua, baik ayah maupun ibu terbiasa menggendong si kecil di sisi kiri, artinya kepala bayi ada di tangan kiri kita. Itu merupakan cara yang tepat dan benar. Menurut study yang dipublikasikan Januari lalu di Journal Nature Ecology and Evolution, 70-85 persen menggendong anaknya disebelah kiri. Ini bukan merupakan suatu kebetulan atau untuk membuat tangan kanan kita nyaman dan melakukan hal yang lainnya. Itu ternyata sudah diprogram demikian agar anak aman dalam gendongan kita.

Kita para orang tua sering melakukannya tanpa sadar saat menggendong anak. Secara otomatis kita meletakkan kepala anak di sisi tangan kiri kita tanpa diperintah. Merasa heran? Ternyata kita tidak sendirian, karena 85 persen para oran tua lainnya melakukan hal yang serupa, walaupun punya tangan kidal sekalipun.

Para peneliti dari Univeritas St Petersburg di Rusia, menyebut ini sebagai bias sisi kiri dan ada alasan penting mengapa hal itu terjadi. Ternyata menggendong bayi disebelah kiri tubuh kita memiliki keterikatan dan hubungan yang kuat terhadap anak. Alasannya otak kanan kita memproes terkait informasi dan informasi wajah, dengan si kecil ada pada sisi kiri, kita bisa membaca ekspresi wajahnya dan lebih tepat mengetahui apa yang diinginkannya.

Pada mamalia termasuk manusia, sisi kanan otak berfungsi untuk memproses isyarat sosial dan membangun hubungan. Ini juga bagian otak yang menerima sinyal dari mata kiri. Dengan meletakkan si kecil di sebelah kiri, mata kiri ayah dan ibu bisa menerima isyarat wajah anak lebih baik lagi dan meneruskannya ke otak kanan.

Saat bayi digendong disebelah kiri, otak kanan ibu menjadi aktif dan membantunya membangun ikatan dengan si kecil. Salah satu fungsi otak kanan adalah untuk mengartikan bahasa dan tanda-tanda emosional, karenanya Ibu lebih mudah mengartikan isyarat emosi dan fisik yang terjadi saat bayi digendong disebelah kiri. Tidak heran fenomena yang sama tidak hanya terjadi pada manusia saja, namun juga pada banyak hewan seperti walrus, paus orca, atau kanguru yang menempatkan anak disisi kirinya.

Oke ibu, jadi menggendong bayi disebelah kiri itu aman dan boleh ya, tidak perlu khawatir lagi dan semoga info tips ini bermanfaat untuk ibu semua.

Ingin artikel terkini terkait menggendong bayi? Mari bergabung dalam Facebook Support Group “Indonesia Babywearing Club” dan follow Instagram “@letsgendong”

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *