Ilustrasi Menyusui
Sumber: Google Image

Kala itu terpancar kebahagiaan sesaat bayi mungil lahir. Aku ingat dokter segera meletakkan bayiku di dada supaya dia mampu merasakan detak jantungku yang menenangkan dan berusaha untuk Inisiasi Menyusui Dini (IMD). Secara naluri kupeluk tubuh mungil itu.

Itulah pertama kali diriku merasakan ikatan yang kuat, sangat menyenangkan!

Aku yakin, berjalannya waktu aku mampu menyusui dan menggendong bayiku. Dua hal penting yang tak terpisahkan. Bayiku sangat pintar menyusu saat dipangkuanku.

Boleh dikatakan menggendong dan menyusui selayaknya teman sejati. Betulkah? Atau suatu kebetulan? Mari simak hal ini

Sahabat letsgendong mampu menyusui saat menggendong bayinya, baik digendong langsung atau dengan bantuan gendongan bayi. Bagaimana melakukannya? Tergantung jenis gendongan bayi yang sahabat pakai. Pada intinya pakaian yang nyaman saat menyusui, pengaturan gendongan bayi dan posisi bayi sehingga bayi menemukan akses mudah untuk menyusui. Jangan lupa setelah menyusui untuk mengembalikan bayi ke posisi yang aman didalam gendongan.

BACA JUGA: Ikuti Tips Ini Saat Anda Menyusui Bayi di Dalam Gendongan 

  1.  1. Sahabat letsgendong tahu lebih cepat tanda bayi lapar

Saat sahabat menggendong si buah hati, Anda tahu bahwa kedekatan tersebut mempermudah untuk mengenali gerak gerik, suara, tanda dan waktu si bayi. Berkat aktivitas menggendong ini, sahabat akan belajar untuk memahami arti dari sinyal si bayi. Sangat mudah untuk mengenali tanda tanda bayi siap menyusui atau saat bayi Anda lapar.

Posisi menggendong yang mendekatkan kulit ke kulit mempengaruhi suplai ASI lebih banyak dan bayi akan merasa senang.

2. Menggendong membuat nyaman bayi

Saat bayi dalam kondisi rewel bisa jadi karena bayi bosan, lapar atau mengantuk, menempatkan bayi ke dalam gendongan adalah cara yang tepat. Cara ini efektif menghemat energi sahabat letsgendong. Saat bayi sudah tenang Ibu bisa mengajak si bayi jalan-jalan atau bahkan menyusuinya. Ketika terjadi kontak mata dan sentuhan kedekatan antara Ibu dan bayi, hormon oksitosin memberikan rasa senang dan menenangkan.

3. Gendongan bayi adalah alat bantu menyusui yang menyenangkan

Tahukah sahabat letsgendong, beberapa Ibu setuju bahwa menyusui di tempat umum kadang menegangkan. Adanya bayi didalam gendongan sangat membantu Ibu saat menyusui. Nyatanya beberapa gendongan mempunyai kain penutup kepala bayi sehingga proses menyusui pun tidak kentara. Posisi bayi yang menempel dengan Ibu juga membantu membiaskan aktivitas menyusui. Dengan kata lain sahabat letsgendong leluasa menyusui dimana saja dan kapan saja berkat bantuan gendongan bayi ini.

 

Ingin mengetahui hal lain tentang menggendong bayi, seperti apa yang dipakai dan bagaimana menggunakannya?

Silakan mengikuti dan belajar bersama di Instagram @letsgendong atau bergabung di FB Grup Indonesia Babywearing Club 

Nantikan kuliah online yang dipandu konsultan menggendong setiap bulannya! Join Channel Telegram t.me/letsgendong

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *