“Pengin banget jalan-jalan ke luar, tapi masih punya bayi kecil”

“Repot gak ya? belum nanti menyusinya..”

Tenang Bunda, pikiran yang tenang akan membuat si bayi tenang. Bunda bisa menikmati sesi jalan-jalan yang menyenangkan bersama keluarga. Hal yang menyenangkan akan membuat Bunda bahagia akhirnya bayipun ikut bahagia. Bayi yang masih digendong tak jadi soal, begitu juga dengan bayi yang masih menyusu. Semua hal itu ada solusinya..

Gendongan bayi akan membantu Bunda meringankan kegiatan sehingga terasa nyaman saat jalan-jalan santai. Jenis gendongan apa yang umumnya dipakai saat jalan-jalan ya? Kali ini kita akan bahas Gendongan SOFT STRUCTURED CARRIER (SSC) yuk

Nah saat si bayi lapar dan minta menyusu, Bunda terselamatkan karena gendongan bayi ini. Kenapa? Gendongan bayi ini umumnya mempunyai penutup kepala yang dapat pula difungsikan untuk menyamarkan aktivitas menyusui. Berikut tips menyusui menggunakan gendongan SSC (*model dalam foto adalah member Indonesia Babywearing Club):

Bunda perlu berlatih menyusui bayi dengan posisi duduk. Seolah olah Bunda membayangkan akan menyusui bayinya di tempat umum. Setelah Bunda percaya diri dengan cara menyusui ini, Bunda berlatih menyusui dengan memakai gendongan SSC. Berlatihlah di depan cermin hingga terlihat luwes dan percaya diri.

Ketika bayi didalam gendongan SSC dan siap menyusu, Bunda mencari tempat untuk duduk. Anggaplah sesi menyusu ini adalah waktu istirahat Bunda yang menyenangkan. Bunda dapat melonggarkan tali pengikat di area lengan atau punggung atau pinggang untuk memposisikan bayi tepat di payudara dan memberikan ruang. Perhatikan badan bayi saat menyusu terlihat nyaman.

Bunda selalu perhatikan kepala bayi supaya posisi menyusu dengan nyaman dan tidak terhambat. Dengarkan ritme suara si bayi saat menyusu untuk memastikan dia dalam kondisi baik. Suasana menyusui yang tenang dan nyaman sangat diperlukan saat ini.

Selama bayi menyusui dalam gendongan, topanglah dengan bantuan tangan bila diperlukan. Kadang bayi bergerak-gerak saat menyusu khususnya bayi kecil yang belum mampu mengontrol tubuhnya.

Selesai sesi menyusui, perbaiki posisi bayi dalam gendongan dan kencangkan kembali tali pengikat yang kendur. Berkomunikasi dengan bayi bahwa Bunda siap untuk melakukan perjalanan lagi.

Silakan mencoba tips ini ya Bunda dan selamat jalan-jalan!

Ingin mengetahui hal lain tentang menggendong bayi, seperti apa yang dipakai dan bagaimana menggunakannya?

Silakan mengikuti dan belajar bersama di Instagram @letsgendong atau bergabung di FB Grup Indonesia Babywearing Club 

Nantikan kuliah online yang dipandu konsultan menggendong setiap bulannya! Join Channel Telegram t.me/letsgendong

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *