Ternyata banyak yang curhat kepada Saya untuk membuka KELAS GENDUT. Nah lho.. Usut diusut masih banyak ibu menyusui yang merasa kurus bahkan selalu manjadi bahan omongan di lingkungan sekitar. Hal inilah yang menyemangati saya untuk berbagi lebih. Menyusun program GENDUT eeh ternyata lebih rumit daripada program KURUS. Beneran!

Sejujurnya program GENDUT ini belum saya launching karena menimbang banyak hal lain. Konsepnya kenapa ibu menyusui bisa kurus? Jawabanya adalah mereka selalu kekurangan asupan energi dan ini hampir tidak disadari. Kebanyakan ibu menyusui hanya fokus dengan rutinitas makan tanpa menimbang nutrisi dan jumlah energi yang masuk ke dalam tubuh. Penting diingat bahwa ibu menyusui memerlukan ENERGI LEBIH BANYAK (300-500Kcal)

Konsep Ibu menyusui bisa menaikkan berat badan sangatlah sederhana, yakni:

  1. 1. Memperbaiki pola makan. Ibu menyusui dianjurkan tertib makan teratur 3x sehari (boleh disertai waktu camilan) dengan porsi lebih banyak. Upayakan konsep Gizi seimbang yakni susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal. Meningkatkan asupan protein dan karbohidrat sangat baik untuk meningkatkan berat badan. Makan lebih banyak protein dan karbohidrat seperti roti, nasi, umbi-umbian, ikan, daging, tempe, tahu sangat membantu untuk program ini.
  2. 2. Cek aktivitas harian. Cadangan lemak pada orang yang malas dan rajin olahraga tentunya berbeda. Berolahraga secara teratur dapat membantu menaikkan berat badan Ibu. Beberapa jam setelah olahraga biasanya Ibu akan terasa lapar sehingga meningkatkan nafsu makan, yang tentunya berguna untuk menaikkan berat badan. Jenis olah raga pun tidak perlu yang sulit atau terlalu berat. Berjalan kaki selama 30 menit secara teratur sudah cukup untuk menjaga keseimbangan tubuh. Selain itu Ibu bisa melakukan olahraga sembari mengerjakan rumah.
  3. Imbangi juga dengan istirahat yang cukup agar energi Anda tidak banyak terbuang percuma.
                                     Saya termasuk Ibu menyusui perlu gendut enggak?
  1. 3. Dengarkan kesehatan dan keluhan tubuh Ibu. Ibu yang memiliki metabolisme tubuh yang cepat (biasanya merupakan faktor keturunan) umumnya menjadi kurus. Memperbanyak minum air putih, dapat memperbaiki metabolisme tubuh Anda serta melancarkan pencernaan Anda. Selain itu, seseorang yang termasuk dalam kategori kurus dapat disebabkan oleh penyakit tertentu, seperti hipertiroid atau tuberkulosis. Silakan cek kesehatan Ibu sebelum memutuskan untuk menjalani program gendut ya

Bila ketiga konsep itu sudah dijalani dan merasa belum berhasil, saya sarankan agar Anda memeriksakan diri ke dokter untuk mencari tahu apakah ada kemungkinan penyakit lain yang mendasari. Ibu juga dapat berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi untuk menu makanan khusus yang dapat meningkatkan berat badan Anda.

  1. Selamat mencoba, jangan lupa jaga kesehatan ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *