Banyak cara menggendong bayi yang dapat dilakukan, dengan tangan langsung atau dengan bantuan alat gendongan bayi yang kini ada beragam jenis.

Menggendong bayi mungkin adalah pekerjaan yang sering dilakukan oleh para orang tua terlebih kaum Bunda. Namun banyak orang tua yang masih melakukan kesalahan dalam menggendong bayi, tidak hanya orang tua yang baru memiliki anak tapi ini juga terjadi pada orang tua yang sudah punya berpengalaman.

Berikut ada 4 kesalahan dalam menggendong bayi yang tanpa disadari biasa dilakukan Bunda
1. Saat menggendong melakukan aktivitas lain (yg membahayakan)
Memakai gendongan sering dilakukan Bunda dan Ayah karena bertujuan untuk melakukan aktivitas lain (dalam hal ini yg membahayakan namun sering dianggap lumrah). (Seperti contoh: menggendong sembari menggoreng ikan) ini sebaiknya jangan dilakukan. Meski menggunakan alat bantu keselamatan si kecil merupakan prioritas utama dan tetap diperhatikan. Bayi yang terus bergerak ke segala arah, sehingga sangat memungkinkan untuk jatuh (atau membuat hal hal berbahaya). Pengawasan Bunda harus tetap dibutuhkan pada saat ini. Hindari menggendong dengan melakukan aktivitas yang menggunakan alat seperti memasak (dan berkendara)

2. Tidak memberi akses oksigen kepada Bayi.
Menutup muka bayi saat menggendong, menjadi salah satu kesalahan yang Bunda lakukan. Ingin menjaga bayi dari debu (dan) sengatan panas matahari menjadikan Bunda untuk menutup muka si kecil. Namun ini akan membuat bayi tidak dapat bernafas. Banyak kasus kematian akibat kasus ini sudah sering terjadi. Bunda juga perlu memperhatikan posisi si kecil waktu tidur, jika dagu menempel pada dadanya segera perbaiki (berikan jarak pisah dagu dan dada sebesar 2-3 ruas jari Bunda), biarkan dagu si kecil menempel pada (dada) Bunda.

3. Menggendong terlalu rendah
Menggendong bayi terlalu rendah tidak hanya berdampak buruk kepada si kecil juga untuk Bunda. Bila menggendong bayi didepan usahakan kepala si kecil harus berada di dada. Jika digendong dibelakang usahakan kepala bayi bersandar di bahu. Hal ini akan menjaga agar kepala bayi tidak merosot kebawah. Pengawasan kepada si kecil akan lebih mudah.

4. Menggunakan gendongan yang tidak pas
Saat memakai gendongan, Bunda sering memakai gendongan yang tidak pas untuk si kecil. Yang penting murah, atau warnaya lucu. Disamping untuk kenyamanan bunda, gendongan dengan ukuran yang pas untuk bayi sangat dibutuhkan Gendongan tidak boleh terlalu ketat atau longgar. Hal ini untuk memastikan si kecil supaya tetap aman (dan nyaman).

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *